Leave a comment

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

erada di awal masa kehamilan memang sangat menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan sebab pada momen awal ini janin masih sangat sensitif. Hal lain yang membuat fase ini krusial adalah kondisi psikis dan fisik ibu yang kurang baik. Di awal masa kehamilan biasanya ibu akan drop, baik itu nafsu makan, kondisi emosional dan juga kesehatan. Di sisi lain, janin yang dikandung memerlukan ketenangan emosional, asupan gizi yang baik serta energi ibu untuk menjamin kelangsungannya. Salah satu komponen yang wajib digarisbawahi adalah asupan gizi. Sebab ia bisa memperbaiki komponen lain seperti kondisi emosional dan juga fisik ibu. Karena itu pola konsumsi ibu yang sedang berada di awal kehamilan harus dijaga. Berikut daftar makanan sehat untuk ibu hamil muda yang patut Anda ketahui.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda yang pertama adalah beras merah atau coklat. Mengapa bukan beras putih? Alasannya adalah karbohidrat pada beras merah cukup kompleks sehingga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih. Selain itu, beras merah juga mengandung serat sehingga akan sangat baik untuk mengurangi gejala sembelit yang biasanya muncul pada ibu di awal kehamilan.
Makanan lain yang baik untuk ibu adalah brokoli dan kacang merah. Kedua makanan ini dikenal sebagai sumber zat besi non heme iron. Wanita yang sedang hamil muda sangat rentan kekurangan darah. Jika dibiarkan akan membuat calon ibu susah untuk beraktifitas secara normal. Karena itu, mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi adalah mutlak. Selain dari tumbuhan, zat besi juga bisa diperoleh dari daging merah yang biasa dikenal dengan istilah heme iron. Selain dari makanan, ibu hamil juga bisa memperoleh pasokan zat besi dari suplemen yang direkomendasikan oleh dokter kandungan.
Selain memenuhi kebutuhak zat besi, ibu yang sedang dalam kondisi hamil muda juga diharapkan banyak menyantap buah-buahan yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Buah yang baik misalnya jeruk, papaya, strawberry, anggur dan lain-lain. Vitamin C sangat berperan dalam membantu proses penyerapat zat besi di dalam tubuh Anda. Jadi, percuma mengkonsumsi zat besi yang banyak jika penyerapannya kurang maksimal. Jadi, vitamin C juga perlu mom! Eboza.com
Pada prinsipnya, makanan sehat untuk ibu hamil muda sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun setengah matang sebab makanan yang kurang dimasak berpotensi menyimpan bakteri dan mikroba lainnya yang sangat berbahaya bagi janin yang masih sensitive terhadap segala gangguan. Jadi sebaiknya olah makanan sampai matang betul. Kecuali buah, ia jauh lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Untuk sayur, sebaiknya ibu yang sedang hamil muda menghindari sayur mentah dan setengah matang sebab bisa membuat gejala kembung di awal kehamilan semakin menjadi-jadi.
Untuk informasi yang lebih akurat, sebaiknya ibu menghubungi dokter kandungan atau ahli gizi ya!
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: